You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan IPA Pesanggrahan Resmi Dimulai
....
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Pembangunan IPA Pesanggrahan Resmi Dimulai

Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pesanggrahan di Jalan Cirendeu Permai Raya, Kelurahan Lebak Bulus, Cilandak resmi dimulai. Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya Kick Off Project IPA Pesanggrahan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pada Jumat (3/11).

Meningkatkan layanan air minum layak di J akarta

Heru mengatakan, pembangunan IPA Pesanggrahan seluas 2,1 hektare tersebut merupakan bagian dari peningkatan cakupan layanan air minum di DKI Jakarta dalam rangka mewujudkan 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada tahun 2030 Perumda PAM Jaya.

Heru mengatakan, IPA dengan anggaran pembangunan sebesar Rp 200 miliar ini ditargetkan rampung tahun 2025. Heru berharap, hadirnya IPA Pesanggrahan dapat memberikan akses serta jaminan kualitas dan penyaluran air bersih kepada masyarakat.

PAM Jaya Sudah Suplai 457 Rit Tangki Air Bersih

“Titip wilayah ini untuk bisa dikembangkan melayani air bersih kepada masyarakat. PAM Jaya punya tugas penting meningkatkan layanan air minum layak di Jakarta. Dia mengharapkan, sinergisitas yang kuat dalam mengupayakan peningkatan ketersediaan dan ketahanan pasokan air minum perpipaan di Jakarta,” kata Heru.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, IPA Pesanggrahan merupakan IPA pertama yang dibangun dengan dana Penyertaan Modal Daerah (PMD).

“Ini bagian bukti kami melaksanakan apa yang menjadi amanah yang diberikan oleh Bapak Pj Gubernur. PMD ini sebenarnya sudah bergulir di 2019 tapi karena banyak hal kita baru hari ini melaksanakan kick off pembangunannya dengan luasan 4.000 meter persegi,” kata Arief.

Arief menambahkan, IPA Pesanggrahan yang dilengkapi dua reservoir ini memiliki kapasitas 750 liter per detik. IPA tersebut akan melayani 45.000 pelanggan rumah tambahan baru di 10 kelurahan di Jakarta Selatan.

“Ini bisa menjadi keberkahan untuk Jakarta karena air menjadi kebutuhan dasar bagi kita semua. Mudah-mudahan ini menjadi jalan terbaik yang bisa kita berikan untuk masyarakat Jakarta,” tandas Arief.

Adapun pekerjaan utama Intake yang akan dibangun terdiri dari:

• Bangunan Konstruksi Beton Intake Air Baku kapasitas hidrolis 825 liter per detik dan bangunan penunjang lainnya berbahan material beton.

• Pipa Transmisi Air Baku sepanjang kurang lebih 560 meter dengan metoda pengeboran bawah tanah secara horisontal (Horizontal Directional Drilling-HDD)

• Instalasi Pengolahan Air dengan kapasitas produksi 750 liter per detik yang mayoritas konstruksi bangunan beton. Proses pengolahan air minum dengan sumber air baku yang berasal dari Sungai Pesanggrahan hingga air akan didistribusikan melalui R1 eksisting ke DCR 5.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Fitur Lampid di Aplikasi Carik Jakarta Diluncurkan

    access_time14-10-2024 remove_red_eye1762 personTiyo Surya Sakti
  2. Berikut Pengaturan Lalin saat Jakarta Running Fest 5K dan 10K Besok

    access_time11-10-2024 remove_red_eye1650 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1087 personNurito
  4. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Berawan Tebal

    access_time12-10-2024 remove_red_eye967 personFolmer
  5. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye891 personTiyo Surya Sakti